top of page
Cari
  • Gambar penulisASM Blogger

9 Jenis Kemasan Box Makanan, Pilih Sesuai Bisnis Anda!

Diperbarui: 5 Apr

Bisnis kuliner merupakan jenis usaha yang menjanjikan. Agar terlihat semakin keren, Anda perlu kemasan box makanan yang oke dan membuat pembeli terkesan.

Memilih kemasan makanan untuk usaha harus sesuai dengan jenis dan kebutuhannya. Bukan sekedar ikut trend.


Jenis Kemasan Box Makanan

Meski sama-sama untuk membungkus makanan, namun berbeda jenis dan bentuknya, beda pula penggunaannya. Pemilik usaha harus paham cara memilih model dan bahan untuk kemasan usaha makanannya.

Bukan hanya sekedar pembungkus makanan, kemasan box untuk makanan merupakan cara branding yang tepat dan murah. Tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan, promosi berjalan melalui pelanggan. Berikut alternatif yang bisa dipilih:

1. Lunch box

Kemasan box makanan ini paling familiar. Biasa digunakan oleh restoran, rumah makan dan kedai. Bentuknya sederhana dan simpel namun mampu menampung semua makanan dengan aman.

Meski demikian, ketika membawa makanan dengan kemasan ini, harus berhati-hati. Penutupnya kurang kuat jadi mudah terbuka. Untuk antisipasi biasanya ditambah dengan karet.

Kotak ini banyak dijual di toko plastik dan bahan makanan. Namun untuk usaha kuliner sebaiknya memesan dengan lebih eksklusif. Tambahkan gambar dan kontak nomor. Selain membungkus, juga promosi dagangan.

Lebih baik lagi jika membuatnya dengan desain dan warna yang unik dan menarik. rasa lapar pasti akan segera datang dan ingin menikmatinya. Untuk harga, Anda dapat menyesuaikan dan berkonsultasi dengan tempat memesan.


2. Bento Box

Bento merupakan jenis kemasan box makanan dengan beberapa menu. Di dalam nya terdapat bagian paling besar untuk tempat nasi, kemudian beberapa space untuk lauk.

Desain bento box cocok untuk dibawa oleh pelanggan. Selain itu juga memudahkan ketika akan memakannya. Pengusaha kuliner bisa membuat dengan model unik dan tampilan yang eye catching namun tetap sesuai fungsinya.

Warna bento box bermacam-macam. Namun yang paling gampang dijumpai adalah putih, coklat dan hijau. Soal pemilihan warna bisa tergantung selera atau sesuaikan dengan konsep usaha Anda.


3. Snack Box

Jika dibandingkan dengan lunch box ukurannya jauh lebih kecil. Kemasan box untuk makanan ini biasa digunakan untuk mengemas makanan ringan, buah maupun kue. Bahkan sering dijadikan pelengkap lunch box.

Biasanya desainnya lebih simpel dan bisa menampung beberapa snack serta minuman yang berupa air mineral. Seperti lunch box, tutupnya juga kurang kuat sehingga perlu tambahan, seperti karet.


4. Kemasan Box Makanan berikutnya, Food Pail

Jenis kemasan box makanan ini biasa untuk mengemas rice box atau noddle yang dikemas sesaat sebelum pemesanan di warung makan kekinian atau restoran. Biasanya bentuknya unik dengan warna cerah.

Konsep dari desainnya memungkinkan pengguna untuk menikmati makanan di jalan. Food pail merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis kuliner kekinian. Meski simple dan ringkas, bisa menampung makanan dengan porsi besar.

Cukup dengan menambahkan sumpit atau garpu dan sendok plastik. Food pail siap menjadi tempat menu kesayangan selama di perjalanan. Untuk bahannya bervariasi, tergantung jenis makanan yang akan dikemas.


5. Paper Bowl

Dari namanya sudah terbayang bentuknya. Paper bowl merupakan jenis kemasan anti air yang biasa digunakan untuk mengemas makanan berkuah seperti sup, bakso dan mie kuah. Bentuknya spesifik mendekati model mangkuk, yaitu bulat.

Jenis kemasan ini banyak dipakai oleh rumah makan atau restoran kekinian. Banyak yang membuatnya dengan hiasan lucu. Mengenai harga, tergantung dari bahannya. Paper bowl aman karena menggunakan bahan anti air dan anti minyak.

Meski ada yang terbuat dari bahan cukup awat, namun kemasan ini untuk sekali pakai, jadi selebihnya harus dibuang. Karena berbahan tahan air dan tahan minyak, beberapa jenis susah terurai atau hancur.

Agar tidak mengganggu lingkungan, maka bekasnya harus dibuang di tempat sampah dengan benar. Jangan membuangnya ke air mengalir karena dapat menyumbat saluran.


6. Pizza Box

Kemasan box makanan jenis ini biasanya berukuran lebar dengan tinggi hanya beberapa cm saja. Jenis makanan yang biasa dikemas adalah Pizza atau roti dengan bentuk datar. Soal diameter, dapat menyesuaikan dengan ukuran loyang.

Bahan yang biasa digunakan bertekstur gelombang di bagian tengahnya. Jenis yang digunakan kraft dengan lapisan dalam dilaminasi. Desainnya rata-rata hampir sama, kotak dengan beberapa lubang angin untuk mengurangi panas makanan.

Pizza merupakan jenis yang perlu kemasan cukup kuat. Untuk usaha ini sebaiknya jangan membeli kemasan di pasar. Lebih baik untuk custom atau memesan pada vendor yang profesional.

Tempat pemesanan istimewa, seperti di PT. Anugrah Sentosa Mandiri melayani pemesanan kemasan makanan custom. Dengan tampilan yang menarik, pembeli makanan akan senang membawanya.


7. Paper Package

Jenis kemasan ini sebenarnya simpel namun terlihat unik karena cara melipat dan tambahan ornamen. Seperti namanya, paper package digunakan untuk mengemas beberapa makanan.

Kemasan box makanan jenis ini biasa untuk mengemas fast food yang akan dibawa pulang. Menggunakan bahan tahan air dan minyak, makanan tetap aman. Meski simpel namun fungsinya penting bagi yang pesan makanan take away.

Paper package memang didesain untuk membawa beberapa makanan. Fungsinya seperti plastik pembungkus. Namun dibanding dengan plastik, kesannya lebih higienis dan berkelas.

Dalam pembuatan sebaiknya perhatikan juga bagian pegangan atau handle-nya agar tidak mudah rusak saat ditenteng. Dengan desain yang eksklusif, pembeli tidak akan segan untuk memanfaatkan bungkus ini kembali.


8. Muffin Box

Muffin box biasa digunakan oleh toko kekinian untuk mengemas aneka kue yang hits. Bentuk luarnya hampir mirip dengan kotak makanan lain, namun bagian dalamnya terdapat sekat agar kue kekinian tidak saling berdempet.

Keunikan muffin box sering membuat pembeli makanan sayang untuk membuangnya. Bahkan banyak yang menggunakannya sebagai hiasan setelah menyantap isinnya. Apalagi mudah menemukan muffin box yang lucu dan keren.

9. Snack Box Two Piece

Sebenarnya bentuk dasarnya hampir sama dengan snack box biasa namun dilihat dari isinya terlihat spesifik. Jika snack box biasa diisi kue atau roti sekaligus minuman menjadi satu, jenis ini hanya untuk makanan saja.

Bukan boros bahan, hal ini tentu mempunyai tujuan khusus. Snack atau kue yang diisikan di dalamnya justru terlihat eksklusif, berkualitas dan mahal. Kotak ini banyak digunakan oleh toko roti. Meski modelnya sederhana, isinya terkesan berkelas.


Kemasan box untuk makanan bukan hanya sebagai wadah, tetapi juga menjaga kualitas isinya. Oleh karena itu, jangan sembarangan memesannya. Produk dan bisnis Anda bisa semakin berkembang berkat pemilihan kemasan yang tepat.

Salah satu produsen kemasan makanan, seperti untuk pizza dan buah yang terkenal, PT. Anugrah Sentosa Mandiri merupakan produsen kardus kemasan yang berpengalaman. Sudah banyak perusahaan yang mempercayakan kardus kemasan produknya pada kami. Standar industri yang kuat, kemasan ramah lingkungan, dan tim solid menjadikan kami terpercaya. Anda tidak salah jika mempercayakan kebutuhan kemasan box makanan pada kami.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page